Akibat dari kerusakan alternator ini terlihat pada fungsi baterai atau aki dalam menyediakan energi listrik.
Kerusakan yang terjadi pada alternator biasanya tidak langsung terlihat, siapa bilang yang tidak terlihat, bercanda kok, kerusakan alternator jika tidak ngisi akan terlihat dari Lampu CHG nyala terus.
Fungsi alternator untuk menghasilkan energi listrik dari putaran mesin untuk disimpan di Aki, maka akibatnya jika Alternator rusak adalah mobil jadi tidak bisa di starter karena kelistrikan yang ada di Aki tidak memenuhi kapasitas dynamo starter.
Beberapa analisa berikut ini mungkin, bukan mungkin lagi tetapi memang menjadi Penyebab kerusakan atau problem yang sering terjadi pada alternator.
Fungsi alternator untuk menghasilkan energi listrik dari putaran mesin untuk disimpan di Aki, maka akibatnya jika Alternator rusak adalah mobil jadi tidak bisa di starter karena kelistrikan yang ada di Aki tidak memenuhi kapasitas dynamo starter.
Beberapa analisa berikut ini mungkin, bukan mungkin lagi tetapi memang menjadi Penyebab kerusakan atau problem yang sering terjadi pada alternator.
Aki tidak terisi tapi mesin bisa distarter itu baru namanya tidak mungkin, karena setrum aki habis mana mungkin mobil bisa di starter. Contohnya ketika mesin hidup, kemudian mobil jalan dan ditengah perjalanan Alternator rusak dengan tanda lampu chg nyala, untuk beberapa saat lamanya memang mobil bisa jalan tetapi sampai kapasitas aki tertentu.
Kemudian mobil akan mati karena tidak ada yang mensuplai kelistrikan pengapian karena energi listrik di aki habis.Untuk suplai kelistrikan aki saja tidak bisa apalagi untuk starter mobil yang butuh arus listrik antara 100 sampai 120 amper untuk sekali stater.
Berikut ini baru kemungkinan masalah seputar Alternator atau Dinamo Isi.
Kemudian mobil akan mati karena tidak ada yang mensuplai kelistrikan pengapian karena energi listrik di aki habis.Untuk suplai kelistrikan aki saja tidak bisa apalagi untuk starter mobil yang butuh arus listrik antara 100 sampai 120 amper untuk sekali stater.
Berikut ini baru kemungkinan masalah seputar Alternator atau Dinamo Isi.
• Belt alternator kendor atau sudah aus. Belt harus dikencangkan atau perlu diganti dengan yang baru.
• Kumparan kabel alternator terkelupas atau putus.
• Alternator telah rusak sehingga sudah saatnya diganti tetapi bisa juga kok diperbaiki.
• Regulator tegangan rusak sehingga tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya dan yang ini musti di ganti.
Tentang Bunyi Alternator berisik
• Belt alternator kendor atau aus atau kering sehingga perlu dikencangkan atau malah harus diganti.
• Puli alternator bengkok sehingga harus ganti puli yang baru, ini jarang terjadi kecuali mobil habis tabrakan.
• Bearing alternator sudah aus atau bagian lain alternator ada yang rusak sehingga harus diganti secepatnya
• Dudukan alternator kendor sehingga baut dudukannya harus dikencangkan, makanya hati-hati dan konsentrasi kalau kerja dan kalau bukan bidangnya,lebih baik belajar dulu kepada yang ngerti.
Sedikit sentilan semoga bermanfaat untuk memperbaiki diri. Salam Otomodif Oto Mania.
Mungkin ada yang berminat silakan kunjungi kumpulan artikel Sistem Pengisian Mobil.
Sedikit sentilan semoga bermanfaat untuk memperbaiki diri. Salam Otomodif Oto Mania.
Mungkin ada yang berminat silakan kunjungi kumpulan artikel Sistem Pengisian Mobil.
No comments:
Post a Comment