Saturday 25 August 2012

Mobil Jalan Tanpa Oli Bisa Tidak Ya

Mobil tanpa oli sanggup berjalan hingga 120 km - PT Casbar Pancaran Berkat (CPB), pemegang merek pelumas Bardahl di Indonesia, kembali unjuk kemampuan dengan melakukan “No Oil Run Test” atau menguji kendaraan tanpa oli hingga jarak 120 KM.

Test Mobil Tanpa Oli
Pengujian dilakukan pada Daihatsu Gran Max, mesin mobil diisi dengan oli Bardahl Super Pulsar M 10W-40 SM/ CF.

Setelah terisi oli mesin dinyalakan selama 30 menit. Kemudian mesin dimatikan dan oli yang telah diisi tadi dikuras kembali hingga habis. Rute pengujian menempuh jarak sejauh 120 KM, melalui Jln. Soekarno Hatta – Kopo – Tol Cileunyi – Padalarang – Cihampelas dan keliling kota Bandung. Daihatsu Gran Max tanpa oli berjalan mulus dan mampu melaju hingga di 100 KM/ jam di jalan tol dengan RPM antara 3000-4000.

Ketika menyelusuri kota Bandung saat akhir pekan sudah tentu dipadati kendaraan lain. Meski mobil melaju tanpa oli, temperatur masih normal dan suara mesin terdengar halus. “Pengujian ini kami lakukan sebagai evaluasi kemampuan sebuah pelumas,” Ujar Tonny Andrian, Managing Director PT CPB. No Oil Run Test ini bukanlah yang pertama dilakukan Bardahl.

Tahun lalu pengujian juga telah dilakukan dengan menggunakan Daihatsu Xenia dan Mesin VW. Tidak ada masalah pada mobil yang berjalan tanpa oli saat itu. Menurut Tonny, secara struktur kimia hal ini memungkinkan, karena Bardahl adalah satu-satunya oli yang memiliki additive Carbon 60, yang diproses dengan teknologi Nano (Carbon 60 dikecilkan hingga 1/100 mikron), yang bertujuan mengisi pori-pori metal dalam mesin kendaraan. Sehingga mampu melindungi mesin hingga 10 kali lipat dan memberikan gesekan mesin yang luar biasa.

Bardahl adalah merek pelumas terkemuka dari Amerika, yang telah berpengalaman puluhan tahun. “Pemakaian oli Bardahl pada mobil hingga 10.000 KM bukanlah hal yang masalah dan pelumas ini tidak hanya memberikan suatu janji tanpa pembuktian.” Tutup Tonny. Sumber

No comments:

Post a Comment